perkembangan robot

Sejarah Perkembangan Robot

Perkembangan robotika pada awalnya bukan dari disiplin elektronika melainkan bersal dari ilmuwan biologi dan pengarang cerita novel maupun pertunjukan drama pada sekitar abad XVIII. Para ilmuwan biologi pada saat itu ingin menciptakan makhluk yang mempunyai karakteristik seperti yang mereka inginkan dan menuruti segala apa apa yang mereka perintahkan, dan sampai sekarang makhluk yang mereka ciptakn ter5sebut tidak pernah terwujud menjadi nyata, tapi matrak menjadi bahan pada novel-novel maupun naskah sandiwara panggung maupun film.
Baru sekitar abad XIX robot mulai dikembangkan oleh insinyur teknik, pada saat itu berbekal keahlian mekanika untuk membuat jam mekanik mereka membuat boneka tiruan manusia yang bisa bergerak pada bagian tubuhnya.
Pada tahun 1920 robot mulai berkembang dari disiplin ilmu elektronika, lebih spesifiknya pada cabang kajian disiplin ilmu elektronika yaitu teknik kontrol otomatis, tetapi pada masa-masa itu komputer yang merupakan komponen utama pada sebuah robot yang digunakan untuk pengolahan data masukan dari sensor dan kendali aktuator belum memiliki kemmpuan komutasi yang cepat selain ukuran fisik komputer pada masa itu masih cukup besar.
Ide robot bukanlah hal yang baru. Cukup lama manusia memimpikan adanya mekanik pintar yang dapat menggantikan tugas manusia. Penemuan mainan dan peralatan otomatis yang kemudian menginspirasi robot dalam bentuk gambar, cerita dan film, menjadi awal dimulainya perkembangannya. Istilah robot pertama kali dipakai tahun 1920 oleh penulis Czech Karel Capek (dibaca “Chop’ek”) dengan karyanya  “R.U.R” atau Rossum’s Universal Robot dimana seorang laki-laki membuat robot dan robot membunuh penciptanya. Banyak kemudian film menggambarkan robot sebagai alat yang tidak bersahabat atau sebagai mesin perusak yang berlawanan dengan arti robot (robota) dalam bahasa Czech yang berarti pekerja paksa.

1941

Tahun 1941, barulah istilah robotics digunakan dalam teknologi robot oleh penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov. Dia juga memprediksi akan munculnya robot-robot industri canggih dimasa datang. Jika kita lihat hari ini, maka apa yang dibayangkan olehnya terbukti dimana begitu pesatnya perkembangan robot-robot industri saat ini. Istilah revolusi robot, robot age atau era robot sudah menjadi hal biasa untuk menjelaskan perkembangan itu. Robotics diterima sebagai istilah atau kata untuk mendeskripsikan semua kemajuan teknologi yang berhubungan dengan robot.

1956

Georde Devil dan Joseph Engelberger membentuk perusahaan robot pertama kali tahu 1956. Devil memprediksi robot akan menjadi bagian penting di industri sebagai operator pabrik dan membantu pekerja dalam menjalankan mesin-mesin pabrik. Beberapa tahun kemudian atau tepatnya 1961, General Motor pertama kali menggunakan robot untuk pabrik otomotifnya. Robot industri kemudian berkembang dan mulai banyak digunakan tahun 1980 oleh perusahaan selain otomotif dimana perkembangan elektronik dan computer membuat robot modern lahir.

Periode Teknologi Robot

Meskipun ada sebagian yang mungkin tidak bisa didefinisikan sebagai robot, tapi hasil-hasil pencipataan yang disusun berdasarkan urutan kurun waktu dibawah ini dianggap sebagai perkembangan dari cikal bakal teknologi robot.
1.     Tahun 270 sebelem masehi, Ctesibus, pada jaman Yunani kuno telah membuat organ-organ dan jam air yang dapat membuat gerakan-gerakan tertentu.
2.     Tahun 1818, Mary Shelley menulis novel "Frankenstein" yang terkenal dan menyeramkan itu. Cerita tentang manusia yang diciptakan oleh Dr Frankenstein.
3.     Tahun 1921, Istilah "robot" pertama kali digunakan dalam sebuah drama berjudul "RUR" atau "Rossum's Universal Robot" yang ditulis oleh penulis dari Ceko, Karel Capek. Secara sederhana drama ini mengkisahkan tentang manusia yang membuat robot dan pada akhirnya robot itu membunuh manusia yang membuatnya.
4.     Tahun 1941, penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov pertama kali menggunakan kata "robot" untuk menggambarkan teknologi robot dan meramalkan munculnya robot industri yang kuat.
5.     Tahun 1942, Asimov menulis "Runaround", cerita tentang robot dan memperkenal "Tiga Hukum Robot".
6.     Tahun 1948, Cybernetics", sebuah hasil tulisan tentang pengaruh pada kecerdasan buatan yang diterbitkan oleh Norbert Wiener. Pada masa itu juga seorang perintis teknologi robot di Inggris, William Grey Walter menciptakan robot sederhana yang diberi nama Elmer dan Elsie yang meniru perilaku manusia hidup dengan menggunakan elektronik.
7.     George Devol dan Joseph Engleberger menciptakan robot lengan yang diprogram untuk pertama kalinya dan menciptakan istilah Universal Otomasi untuk pertama kalinya juga.
8.     Tahun 1956, George Devol dan Joseph Engelberger membentuk perusahaan penghasil robot pertama di dunia. Pada tahun ini juga sebuah robot elektronik berbentuk tupai dan diberi nama Squee diciptakan.
9.     Tahun 1959, Computer Assisted Manufacturingg telah didemonstrasikan di Laboratorium Servomechanisms di MIT.
10. Tahun 1961, robot industri pertama diperagakan di pabrik mobil General Motors di New Jersey. Robot itu dinamakan UNIMATE.
11. Tahun 1963, robot lengan buatan yang dikontrol oleh computer pertama kali dirancang. Lengan (tangan) robot ini dirancang sebagai alat bagi penyandang cacat dengan kelengkapan enam sendi yang memberikan fleksibilitas lengan manusia.
12. Tahun 1965, pembuatan system canggih yang pertama dan disebut DENDRAL. Program ini dirancang untuk melaksanakan akumulasi pengetahuan dari subjek ahli.
13. Tahun 1968, Marvin Minsky membuat lengan tentakel yang dinamakan Octopus.
14. Tahun 1969, pembuatan lengan Stanford yang digerakkan oleh tenaga listrik. Lengan robot ini dikendalikan oleh komputer.
15. Tahun 1970, kemunculan robot Shakey yang disebut-sebut sebagai mobile robot yang pertama yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan. Robot ini dibuat oleh SRI International.
16. Tahun 1974, perancangan lengan robot yang bekerja berdasarkan umpan balik dan sensor tekanan. Robot yang disebut dengan nama Silver Arm ini digunakan untuk perakitan komponen-komponen di bidang industry.
17. Tahun 1979, pertama kalinya didemonstrasikan kemampuan sebuah robot yang berlalu lalang di dalam sebuah ruangan yang penuh dengan kursi. Robot yang diberi nama Stanford ini dapat menghindari menabrak kursi-kursi yang diletakkan secara acak di ruangan tersebut. Robot ini dilengkapi dengan kamera yang menyampaikan gambar medan laluan ke komputer. Selanjutnya komputer memperhitungkan jarak benda dan hambatan yang ada pada medan.

Konstruksi robot

Robot memiliki berbagai macam konstruksi. Di antaranya adalah:

Selama ini, temuan-temuan teknologi mutakhir seperti robot banyak ditelurkan Jepang. Negara itu tidak jarang mendominasi perkembangan robot di dunia. Ternyata, hal tersebut mengusik negara-negara di Eropa. Mereka juga terpacu untuk membuat rancangan robot humanoid canggih.

Di Inggris telah diciptakan robot yang dibuat mirip bayi berusia 3,5 tahun. Robot itu memiliki tingkah laku yang benar-benar mirip anak kecil. Robot unik tersebut diberi nama iCub. Kehadirannya membuat peluang robot dan manusia hidup berdampingan semakin besar.

Tujuan penciptaan iCub adalah mempelajari ilmu pengetahuan biologis melalui penerapan algoritma. Dengan lahirnya iCub, diharapkan terjadi pengembangan proyek-proyek robot besar lainnya di Eropa. Termasuk berkembangnya software open source.

iCub punya beragam kemampuan, seperti menggerakkan mata, kepala, dan kaki. Gerakan-gerakan yang dihasilkan sama dengan yang dilakukan anak kecil. Selain itu, iCub bisa memegang dan mengenali berbagai benda.

Bahkan, iCub diklaim bisa memainkan perangkat drum. Robot yang wujudnya masih kasar itu diciptakan dalam sebuah proyek teknologi senilai GBP 7,5 juta atau sekitar Rp 100 miliar. Para ilmuwan di Benua Eropa bekerja keroyokan untuk membuatnya.

Robot itu rencananya juga dapat merangkak dan merasakan rangsangan sekitarnya. Media yang digunakan adalah tangan untuk mencengkram dan memanipulasi.

iCub merupakan hasil rancangan RobotCub Consortium. Sebuah organisasi perkumpulan mahasiswa dari berbagai universitas teknik ternama. Robot canggih itu merupakan hasil proyek selama lima tahun yang didanai European Commission.

Rencananya, robot iCub akan dipasarkan pada akhir 2009 di 20 Universitas, termasuk Imperial College, Plymouth, dan Manchester. Pimpinan proyek tersebut, Profesor Darwin Caldwell, yang juga kepala riset di Italian Institute of Technology di Genoa, percaya bahwa iCub tidak kalah dengan robot lainnya.

Tentang Icub

Lengan memiliki daya rotasi sebesar 7 derajat DOF. Artinya, lengan dapat berputar ke depan, belakang, dan atas.

Tangan dapat diputar 9 derajat DOF. Artinya, pergelangan tangan memiliki kelenturan yang sensitif.

Kepala dapat menggeleng ke kiri, kanan, atas, dan bawah layaknya robot humanoid pada umumnya.

Kerangka tubuh dan tulang belakang dapat bergerak mirip persendian anak kecil.

Kaki dapat bergerak bebas. Sama dengan milik manusia biasa.

Bisa merangkak dengan lucu mirip balita.

Melakukan aktivitas visual sederhana, seperti mengenali benda-benda dengan menyentuhnya.
http://snowfairish.blogspot.com/2009/04/icob-technologi-robot-dari-jepang.html

This entry was posted in

Leave a Reply

    Catatan :

    Blogger news