kisah seorang pengamen

KISAH SEORANG PENGAMEN YANG SUKSES
Cerpen karya: Aditya Putra Marcha

Kisah ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang pengamen yang  sukses berawal dari jalanan hingga terkenal dan mampu memberangkatkan haji kedua orang tuanya.
Abdul adalah seorang pengamen yang kesehariannya ia habiskan di jalanan, dia mengamen dari rumah ke rumah,bis ke bis. Hanya demi menghidupi kebutuhan hidupnya dan orangtuanya. Keluarga Abdul bisa dibilang adalah keluarga yang sangat miskin. Ayah Abdul hanya bekerja sebagai penarik becak dan ibunya adalah seorang buruh cuci yang setiap hari menawarkan jasanya dari rumah ke rumah untuk mencuci pakaian. Penghasilan kedua orangtua Abdul sangatlah minim. Ayah Abdul yang sehari-hari berprofesi sebagai penarik becak yang terkadang penghasilannya tak tentu, ketika sedang banyak penumpang. Ayah abdul bisa mendapat 50000 per-harinya. Tapi terkadang ketika sedang sepi penumpang, ayah Abdul tidak mendapat uang sama sekali. Begitupun dengan ibu Abdul yang penghasilannya juga tak tentu.
Abdul mulai mengamen di jalan semenjak ia lulus dari bangku SMP. Ia tidak dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, Dikarenakan faktor ekonomi. Jangankan untuk membiayai Abdul sekolah, untuk makan sehari-hari saja pun terkadang sulit. Maka 



dari itu Abdul berhenti sekolah.
Abdul mengamen bersama teman-temannya sesama pengamen jalanan. Suka duka telah ia rasakan selama ia menjadi pengamen. Pernah suatu ketika, saat dia sedang mengamen bersama teman-temannya. Ia didekati oleh 3 orang yang berbadan besar, yang menghampiri mereka. Bisa dikatakan kedua orang tersebut adalah preman jalanan.
Ketika itu Abdul dan teman-temannya sedang menghitung uang hasil mengamen di pinggir jalan.
“hei, sedang apa kalian di sini...!!!!!” ucap salah satu preman itu.
“Tidak bang, kami hanya sedang menghitung uang hasil jerih payah kami..” ucap Abdul.
“coba sini saya yang hitung, nanti kalau kamu yang hitung pasti tidak akan benar..” ucap preman
“jangan bang, nanti uang hasil jerih payah kami abang rebut..” ucap Abdul
“apa... kamu menuduh saya!!!!” bentak sang preman.
“tidak bang, saya tidak menuduh tapi???? Jawab Abdul ragu.
“tapi apa!!! Sini aku yang hitung..(si preman mengambil paksa uang Abdul).
“jangan bang..!!” Abdul mencoba mempertahankan uangnya.
Teman-teman Abdul tidak ada yang berani untuk menghentikan aksi ketiga preman itu. Karena badan mereka yang besar sehingga teman-teman Abdul takut.
“kalian semua harus tahu, kalau siapa saja yang mengamen disini harus menyetorkan uang hasil mengamennya kepada kami...” ucap sang preman.
Akhirnya preman itu pergi meninggalkan Abdul dan teman-temannya. Abdul pun pulang kerumah dengan tangan kosong, alias tidak membawa apa-apa.
Dan juga Abdul pulang dengan wajah yang murung dan bersedih. Sesampainya di rumah Abdul langsung masuk ke kamarnya.
Ketika itu kedua orang tua Abdul sedang ada di rumah. Mereka melihat wajah Abdul yang bersedih dan murung.
“Abdul.. kenapa kau nak?? Ucap sang ayah.
“Tidak pak.. hanya sedikit lelah saja” Ucap Abdul.
“pasti ada suatu hal yang membuatmu jadi bersedih?? Ucap ayah
Abdul pun menceritakan peristiwa yang dialaminya ketika sedang mengamen.
“Sebenarnya Abdul hari ini sedang sial pak??
“ sial kenapa??” ucap ayah
“uang hasil mengamen Abdul, di ambil semua oleh para preman jalanan itu pak.”
“Apa....!!! kenapa bisa begitu dul??
“tidak tahu pak.  Kejadian itu sangat cepat. Ketika Abdul sedang menghitung uang hasil mengamen di jalan. Abdul di hampiri oleh dua Orang preman yang berbadan besar.. Abdul mencoba melawan tapi mereka terus mengancam. Teman” Abdul tidak berani pada mereka pak. Akhirnya uang hasil mengamen Abdul di ambi semua.”
“kasihan sekali kau nak.. ya sudah lain kali hati-hati kalau sedang menghitung uang di jalan.” Ucap sang ayah
Keesokan harinya Abdulpun kembali melakukan aktivitas yang biasa di lakukannya sehari-hari, Yaitu mengamen. Disinilah Abdul mulai mengalami hal yang membuat hidupnya dan orang tuanya menjadi berubah. Waktu itu Abdul sedang mengamen di perempatan lampu merah. Dia mengamen dari mobil ke mobil. Ketika ia sedang mengamen di dekat mobil sedan berwarna merah, ia menyanyikan salah satu lagu dari grup band terkenal di Indonesia.
“misi pak.... (Abdul menyanyi sambil memegang gitarnya)..”
Kaca mobil sedan itupun di buka dan orang dari dalam mobil itupun berkata.
“Hai nak.. siapa namamu??
“nama saya Abdul pak..”
“waah... saya sangat suka sekali dengan suaramu itu nak, suaramu enak sekali untuk di dengar”
“ah... bapak bisa saja” ucap Abdul.
“ benar,, saya tidak bohong. O ya kalau kamu mau besok kamu datang datang ke kantor saya. Kebetulan saya punya studio rekaman.. dan saya bisa membuatmu terkenal. Ini kartu nama saya” Ucap orang itu.
“benarkah itu pak??” ucap Abdul
“iya benar, ya sudah besok saya tunggu di kantor.”
Ternyata orang yang didalam mobil sedan itu adalah seorang produser rekaman . yang biasa mengorbitkan artis-artis tanah air.
Keesokan harinya Abdul pun menuju ke alamat kantor yang di beri oleh orang tersebut.  Sesampainya di kantor, Abdul pun menemui security yang sedang bekerja.
“permisi pak, numpang tanya?? Ucap Abdul
“ya ada apa de?? Ucap satpam itu.
“mmm.... apakah pak umar ada, pak?? Ucap Abdul
“oo... pak umar. Ada perlu apa ya de?? Ucap satpam.
“mmm.... kemarin saya di kasih alamat ini oleh pak umar, dan dia bilang saya di suruh untuk menemuinya..”
“oh.. ya sudah, tunggu sebentar ya de???
Pak satpam pun memberitahu kepada pak Umar selaku pimpinan perusahaan rekaman itu, bahwa Abdul datang untuk menemuinya.
Beberapa saat kemudian pak Umar pun keluar menemui Abdul.
“Ooo.... Ade ini yang pengamen di perempatan lampu merah itu ya?? Uca pak Umar.
“Iya pak, saya yang kemarin mengamen di mobil bapak.” Ucap Abdul.
“oo.. oh ya langsung saja pada intinya. Saya mengundang kamu kemari karena saya mau menawari kamu rekaman. Dan saya akan menjadikanmu bintang besar.” Ucap pak Umar.
“bapak serrriiiuuusss.....???? “ ucap abdul.
“iya lah saya serius, masa’ saya bohong. Apakah kamu mau menerima tawaran saya??? Ucap pak Umar.
“mmm... (abdul berpikir). Oke deh pak saya mau menerima tawaran bapak.
“oke kalau begitu.. kita rekaman sekarang juga.” Ucap pak Umar.
Akhirnya Abdul pun menjadi seorang bintang yang besar, setelah dia diorbitkan oleh sang produser. Tawaran demi tawaran untuk menyanyi pun datang silih berganti. Tak pernah ada habisnya. Baik secara onair maupun offair. Kedua orang tua Abdul sangatlah senang melihat sang anak menjadi orang yang sukses. Mereka bangga terhadap Abdul. Begitu juga teman-teman Abdul, merasa senang kalau sahabat mereka bisa sukses dan terkenal seperti saat ini. Kehidupan keluarga Abdul pun seketika berubah dengan drastis. Abdul pun akhirnya bisa memberangkatkan kedua orangtuanya naik haji dengan uang hasil jerih payahnya sendiri. Dia tidak merasa sombong dengan apa yang ia peroleh saat ini. Ia berpikir bahwa harta bukanlah segala-galanya. Menurutnya dengan membuat orang tua bahagia itu adalah hal yang paling berharga dibandingkan dengan harta.


THE END

This entry was posted in

Leave a Reply

    Catatan :

    Blogger news