Pengertian dan Manfaat Web Science


Disini saya akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian dari web science. Dalam segi struktur katanya, web science terdiri dari dua kata yaitu “web” dan “science”. Masing-masing kata tersebut memiliki arti yang berbeda.

Web merupakan sebuah halaman informasi yang cara pengaksesannya menggunakan media internet. Sehingga sebuah website dapat kita akses dimana saja dan kapan saja. Asalkan terkoneksi dengan jaringan internet. Web juga merupakan alat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam pendistribusian atau penyebarannya. Web merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi dengan berbagai macam jenis. Diantaranya berupa data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik web tersbut bersifat statis maupun bersifat dinamis yang akan membentuk suatu rangkaian yang saling terkait dimana masing-masing rangkaian tersebut dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman yang disebut dengan hyperlink.


Berikutnya adalah penjelasan mengenai science. Ketika kita mendengar kata science, yang ada di benak kita pastilah suatu ilmu pengetahuan. Namun menurut bahasa, sains adalah aktivitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh manusia yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar mereka dan keinginan untuk memahami suatu hal atau kejadian tersebut.

Sedangkan yang dimaksud dengan Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.

Ketika kita ingin mengunjungi sebuah situs/website. Langkah awal yang harus kita ketahui yaitu alamat URL dari situs tersebut. Karena tanpa alamat URL tersebut kita tidak akan bisa masuk ke dalam sebuah situs yang kita tuju. Ketika kita mengetik alamat URL dari sebuah situs. Pertama kali alamat dari situs tersebut diawali dengan tulisan “WWW”. Mungkin sebagian dari kita tidak tahu apa sih kepanjangan dari “WWW” itu. WWW atau World Wide Web adalah sebuah ruang informasi yang sangat berguna dan diakses oleh user melalui browser. Dengan adanya WWW, kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format. WWW sering disebut juga sebagai protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator).
 
Browser merupakan suatu aplikasi atau program yang berfungsi untuk menampilkan informasi baik teks, gambar, suara, animasi, bahkan sekarang telah banyak bermunculan video streaming untuk menampilkan acara televisi dan musik.


Sejarah Dari Web Science
Kelahiran Web Science itu sendiri didorong oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0.Sejak diperkenalkan Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, perkembangan yang terjadi luar biasa.

Perbedaan utama dari setiap generasi adalah pada Web 1.0 masih bersifat read-only, pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write,sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin.

Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Tetapi kendala utama pada Web 2.0 adalah penangan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.

Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi.


Dengan adanya web science, masyarakat pada umumnya dapat mengakses berbagai informasi yang berhuibungan dengan ilmu pengetahuan dengan lebih mudah. web science ini lebih menekankan dalam proses penyajian data yang berhubungan dengan penyajian internet.sehingga dengan adanya web science kita semua dapat mengambil sisi positif dari berbagai perkembangan teknologi yang ada dan memanfaatkannya atau bahkan mengembangkannya dengan sebaik-baiknya.

Manfaat Web Science Bagi Dunia Pendidikan
1. Siswa dapat belajar tanpa menggunakan buku
Dengan internet, semua bisa didapatkan termasuk bahan pelajaran. Bagi siswa yang kurang mampu, dapat menggunakan internet sebagai media belajar.
2. Siswa jadi lebih paham akan teknologi
Dengan menggunakan internet, siswa akan belajar lebih tentang apa yang ada diinternet. Siswa juga dapat lebih mengerti menggunakan alat teknologi seperti computer.
3. Tenaga pengajar atau guru lebih praktis
Dengan internet, guru dapat mengirim tugas melalui email tanpa harus bertatap muka dengan siswanya sendiri.

This entry was posted in

One Response so far.

  1. Brofit says:

    Nice info..


    Jasa Pembuatan Website Terbaik No.1 di Indonesia
    Kenali Manfaat Website untuk bisnis Anda

Leave a Reply

    Catatan :

    Blogger news